Pages

Monday, June 10, 2013

Shaum, Puasa dan Fasting

Nah..sebentar lagi bulan Ramadhan. Cuma ingin menuliskan kegundahan hati tentang shaum dan puasa. Mungkin hanya sekedar istilah, tapi mudah-mudahan ada manfaatnya.

Ibadah shaum adalah menahan diri dari segala macam hawa nafsu dari mulai adzan shubuh hingga adzan magrib. Jadi bukan sekedar tidak makan dan minum. Gak rela rasanya kalau shaum ramadhan hanya dibilang menahan lapar dan haus.

Puasa, mungkin bisa search sendiri apa pengertiannya. Kata puasa diambil dari bahasa sansekerta. Menurut aplikasi KBBI yang ada di android gw, puasa adalah menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan). Bukan agama islam ajah yang melakukan puasa. Tapi shaum, jelas cuma ada di agama islam.

Atau biar keren, pake fasting ajah. Kalau dari google translate sih artinya puasa. Menurut gw kalau memang di belum ada kata yang tepat untuk mengertikan shaum, kenapa gak kembali ke asalanya ajah, apakai ajah Shaum.

Kata shaum diambil dari Al-Quran, kata puasa diambil dari jaman hindu-budha di Indonesia. Tinggal pillih aja sih. Terus kalo gw pake kata puasa, gak islami gitu ..? ya ini bukan masalah islami atau bukan, tapi sepatutnya ganti kata puasa dengan shaum supaya maknanya sesuai. Seperi penggunaan kata Sholat dan Sembahyang.

Semoga bermanfaat.

No comments: