Pages

Friday, April 20, 2018

Mengganti mika lampu depan Vario 125 Generasi Pertama

Honda Vario 125, memiliki desain sporty khas matic modern. Desain yang sporty ini memang sangat menarik. Dengan desain lampu depan yang sangat besar dan meruncing  meyakinkan bahwa motor matic dari pabrikan Honda ini ingin menonjokan kesan sporty dan futuristik.

Namun demikian desain yang sporty dan futuristik tersebut bukan tanpa kelemahan. Jika diperhatikan, posisi lampu depan yang meruncing dan agak kebawah membuat rentan terhadap benturan. Kalau disandingkan dengan buritan bus seukuran metromini, maka posisi lampu depan Vario ini rentan benturan dengan bumper belakang kendaraan didepannya. Apabila kendaraan didepannya rem mendadak, maka ban depan akan masuk ke kolong bus dan bumper belakang bus akan berbenturan dengan lampu utama. Prak.....

Ketika mika-nya sudah retak, maka ketika mencuci motor, airnya bisa masuk ke dalam mika lampu utama. Demikian juga dengan air hujan dengan mudah masuk ke dalam mika dan bisa membuat korslet lampu utama yang bisa membahayakan kalau riding malam.

Pernah dikasih tau montir beres, kalo mika pecah itu harus mengganti satu set mika dan reflektor. Harganya lumayan kalo ganti satu set. Akhirnya hunting ke bengkel biasa, dan ada yang bisa ganti mikanya saja. Kalau ganti mikanya, 30 ribu saja.

Jadi, buat pemilik Vario 125 (old) yang mika lampu utamanya pecah, segera ganti. Karena kalau berlarut-larut bisa bikin korslet dan mati lampu utamanya.

No comments: