Pages

Thursday, June 28, 2007

Windows Vs Linux

Kayaknya akhir-akhir ini sering banget Windows Vs Linux diangkat sebagai tema, entah itu artikel, review atau bahasan di sebuah forum. Dan seperti biasa Windows selalu terpojok dengan mahal dan embel-embelnya. Dan seperti biasa juga Linux selalu unggul dengan free licence dan security-nya.

Tapi tetap ajah ada plus minusnya. Windows yg (harus diakui) sudah sangat familiar dengan masyarakat di Indonesia, walupun dikenalkannya melalui proses yg (mungkin) 'kotor'. Kan kata iklan jangan takut kotor... Jutaan aplikasi yg bisa berjalan di Windows juga sangat user friendly sehingga friendly juga terhadap serangan virus dan perusak sistem lainnya. Cara instalnya juga gampang, tinggal modal tombol next, ok, continue, yes, selesai deh...

Linux yang sekarang dengan free licence dan security-nya, sebenernya juga sama dengan windows. Tampilannya OK, tingal klik doank. Dan (AFAIK)sampe sekarang belum banyak aplikasi jahat yg bisa mengganggu, jadi gak perlu repot sama virus. Tapi karena kurang familiarnya dan banyak aplikasi yg belum bisa jalan di Linux, menurunkan minat seseorang untuk beralih ke Linux. Mungkin juga karena Windows dateng duluan, jadi kebanyakan orang lebih akrab dengan Windows dan terkesan Linux itu susah. Padahal udah ada beberapa distro Linux yg menggunakan bahasa Indonesia untuk memudahkan kita. Pilihan Linux juga sangat variatif, bahkan kita bisa bikin Linux versi sendiri kalo mau.

Nah kalau sekarang disuruh memilih, Linux atau Windows...? Kayaknya masih kondisional deh, di kantor-kantor pemerintah atau swasta masih banyak yg pake windows. Masa' kita mo pake Linux sendirian dikantor...? Iya kalo aplikasinya bisa jalan di Linux...? kalo enggak mah repot sendiri yang ada. Di Kantor OK lah pake Windows, kan yg beli perusahaan, jadi beli Windows Asli juga gak masalah.... Lha kalo dipake sendiri...? Mending ke Linux kalee ye... daripada beli lisensi windows, mending buat beli bakso.... Kecuali beli PC/Notebook yg udah include Windows didalemnye... pake ajah Windowsnya... Atau mo pake Windows bajakan..? hati-hati ajah, sekarang lagi banyak razia s/w bajakan.

Jadi pilih mane neeh Linux atau Windows...?

No comments: