Pages

Wednesday, June 13, 2007

Lucu tapi tetep SALUT.

Hampir dua tahun gw 'hadir' di dunia maya. Awalnya cuma kebutuhan kampus... tapi sekarang jadi kebutuhan sehari-hari. Mungkin ini yg namanya kecanduan internet, gak apa-apa lah daripada gw kecanduan rokok.

Dari yg buruk sampe yg baik pernah gw dapet dari dunia yg (katanya) tanpa batas ini. E-book, e-zine, milis, lowongan kerja, berita, chatting, dan banyak lagi pernah gw 'cobain'. Bener-bener asik, bosen satu tinggal klik yg lain. Jadi mungkin lw gak akan pernah bosen di 'sini'.

OK deh cukup sekian ajah intronya, sebenernya yg pengen gw bahas adalah sedikit hal tentang orang yg jago di dunia 'maya' ini. Sebut ajah hacker, atau kalo kurang setuju lw boleh cari istilah lain deh.

Hacker itu kan org yg jago dalam hal ngoprek PC baik hardware ataupun softwarenya, dalam hal ini Internet. Nah, mereka ini handal sekali dalam menemukan sebuah celah dalam sebuah website, software atau sebuah system sekalipun. Mereka bisa menceritakan secara detail apa yg 'salah' dengan sebuah website, software atau sebuah system. Dan menceritakan pula bagaimana penanggulangannya. Inilah yg membedakan antara Hacker dan Cracker. Cari sendiri dah pengertiannya di mbah Google.

Tapi beberapa dari mereka justru 'enggak bisa' bikin website sendiri. Banyak dari mereka yg memilih fasilitas blog untuk dijadikan personal website mereka. Ada juga sih beberapa dari mereka yg benar2 'bikin' websitenya 'sendiri'. Terus gak cuma itu ajah, untuk template pun ada yg memakai default dari penyedia blog tersebut. Atau ngambil dari situs penyedia template gratisan. Sedangkan untuk mencari celah website, software atau sebuah system mereka ngerjain secara 'hand made'.

Buat gw sih ini lucu ajah. Mereka yg notabenenya ahli dalam hal yg mereka geluti, tapi gak bisa bikin sendiri tuk kepentingan mereka sendiri. Mereka bisa nge-hack dan nge-deface, tapi bikin web sendiri pake blog dan tempalate. Ironis ajah. Analoginya mungkin begini, gw ini koki, tapi gw beli mi instan atau pesan di restoran tuk makan gw sehari-hari.

Emang sih, lebih enak jadi tukang ngoreksi daripada ngerjain soal. Cari celah, dibahas, diselesaikan, kelar deh. kaya gw gini, gw juga bukan hacker or cracker. Gw juga baru sekedar user yg cuma bisa edit ajah dan belum sapai pada tahap create.

Tapi tidak mengurangi salut gw pada mereka. Tanpa dibayar mereka mau memberikan 'sedikit' pengalaman dan ilmunya secara gratis sama orang lain. Di blog atau website pribadi dan forum merka tetep aktif tuk memberikan tutorial dan step by step sebuah pemecahan masalah.

Keep on going guys....

No comments: