Pages

Monday, February 18, 2013

Review Vario-125 i (2)

Ini adalah lanjutan dari Review Vario-125 i . Kali ini gw cuma memberikan referensi apa yang mesti ditambahin/dirubah pada default motor ini.

Menurut gw, yang paling utama itu adalah ban belakang. Berdasarkan pengalaman pribadi waktu masih pake MegaPro, gw pernah 2 kali ganti ban dalem (belakang) dalam seminggu. Jadi, segera ganti ban belakang dengan tubeless. Karena untuk membongkar ban belakang itu agak sulit. Kenapa sulit ? karena sampe membuka knalpot juga. Selain cukup makan waktu untuk membongkarnya, kan gak tega (sayang) ajah tuh motor sering di bongkar pasang.
Apalagi yang bongkar tukang tambel ban pinggir jalan, karena kebanyakan dari mereka suka asal dalam hal bongkar pasang. Selain pelek yang rentan lecet, baut juga beresiko cepat aus.

Yang kedua adalah oli. Berdasarkan rekomendasi teman-teman pengguna WTF* di kaskus, bagusnya gunakan oli Pertamina Enduro Matic. Kalo yang ini agak susah buat merasakan perbedaannya.

Selanjutnya adalah bahan bakar. Gunakanlah bahan bakar minimal Ron 92 (Pertamax, Performance 92 dkk). Kalo ini memang berasa perbendaanya. Tarikan lebih ringan dan lebih 'irit'. Irit disini adalah bukan hanya konsumsi, tetapi dampak setelahnya. Memang secara rupiah tidak irit, namun secara konsumsi bahan bakar, memang lebih irit dibandingkan dengan bahan bakar dibawah Ron 92.

Perubahan yang gw lakukan terhadap WTF gw adalah :
1. Ban belakang Tubeless Corsa
2. Cover Radioator full carbon look.
3. Klakson Hella

OK, hari gini oper gigi..? :D

*WTF = Wan Tu Five = 125


No comments: